DC-21A :-/

September 19, 2012

Beberapa hari lalu disconnector switch pesanan saya akhirnya datang. kebetulan salah satu customer proyek selain pakai MCB juga minta dipasangin disconnector switch di panelnya buat nyalain-matiin sistem PLTS.

Dan ternyata agak susah mencari disconnector switch DC yang ready stock, sehingga terpaksa harus indent kurang lebih 6 minggu.

Pas ditimang-timang dan dilihat-lihat, ada rekan kerja datang dan ikut lihat-lihat disconnector switch tersebut, biasa abis itu ngobrol ringan:

Tersangka H       : ni disconnector berapa ampere bos??

Ane                          : wah ga apal gan, perasaan 32A, liat aja tulisannya..

Tersangka H       : berapa yak??(sambil liat2x).. hoo cuma 21 A, nih liat(sambil nunjukin tulisan di body disconnectornya)

Ane                          : ngelirik, ada tulisan DC-21A…. (mikir, perasaan sih ane mesen yang 32A, tapi meyakinkan juga tuh tulisan nyebut2x 21A)

Tersangka H       : sip dah, bubye.. (cabut ke habitatnya)

Dan saya pun jadi mikir, apa bener DC-21A tuh artinya 21A???

Akhirnya tanya mbah google, terjawab sudah..

Jadi intinya DC-21A merupakan salah satu utilizitaion category atau terjemahan bebasnya sih ya kategori penggunaan perangkat elektronik lah.

Utilization Category diatur di standar IEC-60947 Standards for low-voltage switchgear and controlgear, liat library IEC bajakan di kompi beranak banyak juga nih standar, males bacanya hehehe.

Untuk DC-21A sendiri artinya perangkat yang bisa digunakan sebagai switch untuk beban resistif dengan dilengkapi kemampuan proteksi arus yang tidak ditentukan.

Untuk tabel singkatnya bisa dilihat di bawah ini yang saya ambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Utilization_categories

Utilization Category

Type of Application[3]

AC-1 Non-inductive or slightly inductive loads, example: resistive furnaces, heaters
AC-2 Slip-ring motors: switching off
AC-3 Squirrel-cage motors: starting, switches off motors during running time
AC-4 Squirrel-cage motors: starting, plugging, inching
AC-5a Switching of discharge lamps
AC-5b Switching of incandescent lamps
AC-6a Switching of transfomers
AC-6b Switching of capacitor banks
AC-7a Slightly inductive loads in household appliances: examples: mixers, blenders
AC-7b Motor-loads for household appliances: examples: fans, central vacuum
AC-8a Hermetic refrigerant compressor motor control with manual resetting overloads
AC-8b Hermetic refrigerant compressor motor control with automatic resetting overloads
AC-12 Control of resisitive loads and solid state loads with opto-coupler isolation
AC-13 Control of solid state loads with transformer isolation
AC-14 Control of small electromagnetic loads
AC-15 Control of A.C. electromagnetic loads
AC-20 Connecting and disconnecting under no-load conditions
AC-21 Switching of resistive loads, including moderate overloads
AC-22 Switching of mixed resistive and inductive loads, including moderate overloads
AC-23 Switching of motor loads or other highly inductive loads
A Protection of circuits, with no rated short-time withstand current
B Protection of circuits, with a rated short-time withstand current
DC-1 Non Inductive or slightly inductive loads, resistance furnaces, heaters
DC-3 Shunt-motors, starting, plugging(1), inching(2), dynamic breaking of motors
DC-5 Series-motors, starting, plugging(1), inching(2), dynamic breaking of motors
DC-6 Switching of incandescent lamps
DC-12 Control of resistive loads and solid state loads with opto-coupler isolation
DC-13 Control of D.C. electromagnetics
DC-14 Control of D.C. electromagnetic loads having economy resistors in the circuit
DC-20 Connecting and disconnecting under no-load conditions
DC-21 Switching of resistive loads, including moderate overloads
DC-22 Switching of mixed resistive and inductive loads, including moderate overloads (i.e. shunt motors)
DC-23 Switching of highly inductive loads (i.e. series motors)

Al- Harfu

July 5, 2009

Secara umum jenis kata dalam Bahasa Arab dibagi menjadi tiga kelompok yaitu “isim” ( kata benda ), fi’il ( kata kerja ), dan harfu ( partikel ).

Bagian yang paling mudah dipelajari dalam bahasa arab adalah harfu, kita tinggal menghapalkan saja bentuk dan artinya. Sedangkan untuk jenis kata lainnya cukup kompleks karena adanya perubahan bentuk ( puluhan perubahan om..!! ) yang dianut oleh tata bahasa arab.

Harfu sendiri bisa dibagi-bagi lagi, pada bagian ini kita akan mengenali bentuk2x harfu yang sering dipakai dan beberapa sifat kuncinya yang akan memudahkan kita untuk menebak pembacaan dalam al-Quran ataupun bahasa Arab secara global. Read the rest of this entry »


Disclaimer Tutorial Bahasa Arab

July 5, 2009

Kebetulan beberapa minggu ini saya mengikuti kursus bahasa Arab yang diadakan di Salman ITB dan kemarin nambah lagi di suatu yayasan.. Karena pentingnya pengetahuan bahasa Arab bagi kaum muslim agar bisa lebih mengenal agamanya, maka tidak ada salahnya jika saya mencoba untuk membagikan ilmu yang sudah saya dapat di kursus tersebut🙂 ..

Namun sebelumnya mohon maaf, karena saya sendiri masih taraf belajar (kursusnya aja sebenarnya ikut yang tahap pemula dan sering bolos^^) jadi tutorial ini lebih ditujukan ke pembaca yang memang masih buta sama sekali bahasa Arab dan kebenarannya mungkin bisa diragukan :p, tapi saya berusaha untuk mengambil bahan dari referensi2x tertulis yang saya miliki juga.

Secara umum saya memakai beberapa referensi tertulis yaitu:
1. Wiryono, 2007, “Belajar Mudah Bahasa Al-Quran”. Penerbit Pustaka, Bandung.
2. Mahmoud Gaafar, Jane Wigtwick, 2008. “Arrabic Verbs and Essential Grammar, Second Edition”. . McGraw-Hill.
3. Referensi lain dari kursus dan internet..

Terakhir Mohon maaf lagi, bagi pembaca jangan tanya2x saya tentang bahasa Arab diluar yang saya tulis.. sekali lagi saya tegaskan bahwa saya juga masih belajar disini, daripada di komennya penuh dengan jawaban ndak tau semua -__-.

insya Allah materi disini akan saya updet seiring dengan perkembangan (klo berkembang ^^) skill saya dari kursus..

Terima kasih atas perhatiannya, semoga hal ini bisa bermanfaat bagi kita semua.. amin..

– dedicated to someone that make me want to learn more again about my religion🙂 –


Kredit Pembelian Emas di Pegadaian Syariah: Alternatif Pembelian Emas Batangan

March 11, 2009

Hmm.. sudah lama juga ga menulis lagi di blog ini hehe..karena kebetulan mendapat info bagus jadi ga ada salahnya saya mulai menulis lagi😀..

Beberapa waktu lalu seorang teman ada yang menanyakan tentang emas, dan kebetulan juga waktu itu kakak saya yang ada di batam tiba-tiba sms bahwa di pegadaian syariah sudah dibuka yang dinamakan program MULIA atau secara sederhana merupakan kredit pembelian emas batangan. Read the rest of this entry »


Wisata Sate Kambing di Bandung

October 28, 2008

Setelah tertunda sekian lama akhirnya bisa saya rilis juga tulisan ini…

Bagi pecinta sate kambing seperti saya, pasti suatu keharusan untuk mendapatkan sate kambing yang mantap menurut selera.. selama beberapa bulan ini saya mulai mencoba menilai sate kambing sekitar bandung dan sampai saat ini saya mendapatkan 4 tempat yang bisa saya rekomendasikan untuk para pembaca.. Masing-masing tempat ini memiliki ciri khas masing-masing yang mungkin  memiliki segmen penggemar tersendiri.

Read the rest of this entry »


Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit???

October 16, 2008

Terus terang saja saya agak heran kenapa ya banyak obat-obat alternatif yang mengaku seperti judul tulisan saya diatas yaitu ” Obat ini mampu berbagai macam penyakit…”.

Entah penilaian orang lain bagaimana , tapi jika saya menemukan obat alternatif yang mengaku seperti ini saya akan langsung menilai negatif obat tersebut alias bohong tuh obat .

Ya saya sih coba menilai dari akal sehat saja, mana ada sih obat yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit??? setiap bahan obat entah kimia atau tumbuhan pasti ada pengaruh positif maupun negatifnya, dan sangat tidak mungkin pada suatu obat memiliki segala macam komponen untuk menyembuhkan seluruh penyakit, ya bisa-bisa keracunan lha wong orang paling punya penyakit cuma satu atau beberapa jenis.

misal orang sakit perut dikasih obat berbagai macam penyakit itu, berarti didalamnya obat tersebut harusnya ada juga komponen obat tipus, obat kanker, obat darah tinggi, obat turun demam dlsb selain komponen obat sakit perut yang diperlukan.

Lagipula kalau memang benar itu adalah obat berbagai macam penyakit pasti itu orang sudah dapat hadiah nobel dan menjadi panutan dari seluruh dokter di dunia..hehe…


Salah Dimana Ya???

October 16, 2008

Kemarin iseng memulai belajar vhdl lagi…
Ada contoh program vhdl yang membuat rangkaian sederhana 2 to 1 multiplexer menggunakan pendekatan behavioral level design, kodenya kira-kira begini:
Read the rest of this entry »